advertisement

Rabu, 2 Disember 2015

Daulah Islam (IS) Serang Posisi-posisi Pasukan Assad dekat Bandara Kweiris di Timur Aleppo

 

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.id) - Tentara Daulah Islam (IS) hari Senin (30/11/2015) melancarkan sebuah serangan pada lokasi-lokasi pasukan tentara Suriah dan milisi sekutu mereka di sekitar pangkalan udara kunci di timur Aleppo Suriah utara, menyebabkan kerugian besar di jajaran pasukan Assad, para aktivis lokal melaporkan.

Berbicara kepada ARA News di Aleppo, aktivis media Abdul Rahman Tahi menegaskan bahwa pejuang IS menargetkan posisi pasukan pro-Assad di selatan dari pangkalan udara Kweires dengan bom mobil, menyebabkan korban di jajaran militer Suriah.

"Ledakan itu diikuti oleh bentrokan sengit antara kedua belah pihak, di mana empat lokasi dekat pangkalan udara Kweires jatuh ke tangan IS," tambahnya.

" ISIS melakukan serangan bom mobil lain di sebuah pusat keamanan berdekatan dengan kota Kaskis di sekitar Kweires."

"Setelah bentrokan sengit antara kedua belah pihak, ISIS merebut kota Kaskis," kata Tahi kepada ARA News. "Ada korban di kedua belah pihak."

Sumber-sumber militer di Aleppo melaporkan bahwa puluhan pasukan pro-rezim tewas dan terluka dalam serangan yang dipimpin IS dekat Kweires.

Sementara itu, tentara Suriah membom jalan yang menghubungkan kota-kota Deir Hafer dan Kaskis dalam upaya untuk menghambat gerak maju pasukan IS di daerah itu.

"Namun demikian, bentrokan sengit berlanjut di timur Aleppo ketika ISIS mengambil keuntungan dari kondisi cuaca buruk yang mencegah pesawat tempur menargetkan posisi mereka di dekat pangkalan udara tersebut," tambah sumber itu.

Sebelumnya pada hari Sabtu, para pejabat militer Suriah mengklaim bahwa pasukan pro-rezim, didukung oleh perlindungan udara Rusia, merebut kembali kota Kaskis dan desa Agoula (60 km sebelah timur dari Aleppo) bersama dengan petak besar lahan pertanian, di samping beberapa terowongan dari IS.

Daerah yang direbut kembali oleh pasukan pemerintah itu terletak di sebelah timur pangkalan udara Kweires, yang direbut oleh IS pada 10 November.

Bulan lalu, pasukan militer rezim mampu mendobrak pengepungan selama satu tahun yang dilakukan oleh IS terhadap pasukan mereka yang terjebak di dalam pangkalan udara Kweires setelah meluncurkan operasi militer besar di pinggiran timur Aleppo.

IS sendiri telah berjuang untuk merebut kembali pangkalan udara tersebut karena lokasinya yang strategis. (an/ARA)

advertisement

Google+ Followers

Popular Posts week

Popular Posts

Blog list of options.