advertisement

Jumaat, 9 September 2016

Laporan: Islamic State (IS) Tunjuk Eks Komandan Pasukan Khusus Tajikistan Gantikan Abu Omar Shishani


RAQQA, SURIAH (voa-islam.com) - Kepemimpinan Islamic State (IS) telah menunjuk mantan komandan pasukan khusus di Kementerian Dalam Negeri Tajikistan sebagai pemimpin militer mereka yang baru menggantikan komandan sebelumnya, Abu Omar Shishani, yang telah gugur pada bulan Juli lalu dalam serangan udara koalisi pimpinan AS di Irak, kantor berita Orient News melaporkan hari Senin (5/9/2016).

Pengangkatannya untuk menggantikan Abu Omar Shishani telah diumumkan oleh situs yang berafiliasi dengan IS, tulis Orient.

Gollmorad Khalimov, 41, yang baru beberapa waktu lalu kepalanya dihargai 3 juta USD oleh AS, adalah mantan kolonel polisi unit operasi khusus kementerian dalam negeri Tajikistan dan penembak jitu terlatih. Khalimov membelot dan menyatakan kesetiaannya kepada IS tahun lalu.

Menurut pejabat AS, antara tahun 2003 dan 2014 Khalimov menghadiri lima program pelatihan di Amerika Serikat dan Tajikistan yang dibiayai oleh program anti-terorisme Departemen Luar Negeri AS.

Pada bulan Mei 2015, ia muncul dalam sebuah video yang didistribusikan secara online, berjenggot dan bersurban hitam, menyandang senapan sniper dan bersumpah untuk membawa "jihad" ke Rusia, Tajikistan dan Amerika Serikat. (st/Orient,voi)

advertisement

Google+ Followers

Popular Posts week

Popular Posts

Blog list of options.