advertisement

Selasa, 17 Januari 2017

Pasukan IS Kepung Bandara Militer Deir Ezzor & Tewaskan 40 Tentara Syi’ah Suriah

DEIR EZZOR (Manjanik.net) – Kantor berita A’maaq pada Selasa (17/1/2017) melaporkan bahwa hari Senin (16/1/2017) kemarin pasukan Daulah Islam/Islamic State (IS) memperoleh kemajuan signifikan dalam operasi militer ofensif di wilayah Deir Ezzor.
Dalam operasi militer tersebut, pasukan Daulah Islam (IS) berhasil mengepung total Bandara Militer, empat (4) komplek didekatnya, dan mengisolasi sisa-sisa wilayah kekuasaan tentara rezim Syi’ah Nushairiyyah Bashar Assad dan milisi-milisi Syi’ah loyalisnya di barat daya kota.
Pencapaian gemilang ini diperoleh menyusul dikuasainya komplek Pabrik Keramik dan Perumahan Baru di barat Bandara Militer, yang menghubungkannya dengan daerah kekuasaan Daulah Islam (IS) di Gunung Tsardah, barat daya kota maupun sektor lainnya di sebelah barat.
Akibatnya, kemajuan terbaru ini memisahkan wilayah kekuasaan rezim Syi’ah Suriah di Bandara Militer Deir Ezzor dan Markas Brigade Militer ke-137 dengan sejumlah komplek barat laut kota.
Disamping itu, pasukan Daulah Islam (IS) juga berhasil mengambil alih kontrol Gunung al-‘Umal yang posisinya berhadapan langsung dengan kota, serta menduduki daerah pemakaman dan sekitarnya, garasi stasiun bus, dan juga beberapa titik di dalam komplek al-‘Umal, barat kota Deir Ezzor.
Pertempuran pada hari itu menewaskan 40 tentara rezim Syi’ah Suriah dan militan-militan Syi’ah loyalis Assad, serta menghancurkan meriam artilleri kaliber 57 mm, satu unit tank dan kendaraan tempur Shilka. Sementara itu, pesawat tempur Rusia melancarkan sekitar 120 serangan udara menargetkan kota Deir Ezzir dan sekitarnya. [SS]

advertisement

Google+ Followers

Popular Posts week

Popular Posts

Blog list of options.